Monday, October 4, 2010

Ekspedisi Lewis dan Clark

Bagi yang tidak lahir dan besar di Amerika Serikat mungkin tidak begitu kenal siapa Lewis dan Clark, termasuk aku dech, bahkan waktu suatu hari suamiku berbincang dengan ibunya soal Lewis dan Clark ini, tak pikir mereka membicarakan Lois Lane dan Clark Kent dari cerita 'Superman'..ha..ha.., dasar kuping ini ikut ikutan 'culture shock'.
Waktu berkesempatan berkunjung ke Seaside, Oregon, akhir September lalu, barulah aku mengamati patung Lewis dan Clark yang ada di bundaran salah satu sudut kota Seaside yang menghadap ke Samudera Pasifik, diantara hotel hotel berbintang yang bertebaran di sekitar pantai.Patung ini disebut juga 'Turn arround of Lewsi & Clark',..yang artinya mobil yang melewati patung tersebut musti membelok dan melingkari patung tersebut.
Patung tersebut dibangun di Seaside, karena kedua orang tersebut pernah sampai di tepi Samudera Pasifik, tepatnya bermuara-nya sungai Columbia, yang termasuk salah satu sungai besar di Amerika Serikat, dan di masa lalu bersama dengan sungai besar Missouri diselidiki oleh Lewis dan Clark apakah bisa berpontensi menjadi lalu lintas sungai dari Timur ke Barat di bagian Utara Amerika Serikat. Tujuan lain dari ekspedisi ini juga untuk mengetahui sumber sumber alam di daerah Pacific Northwest. Bagi yang belum tau yang disebut dengan Pacific Northwest sekarang ini adalah antara lain negara bagian Washington yang terletak di ujung barat-utara dari Amerika Serikat berbatasan dengan negara Canada dibagian utara, juga negara bagian Oregon, Idaho dan sebagian Montana.

Ekspedisi Lewis dan Clark ini atas perintah Presiden Thomas Jefferson pada tahun 1803, dan pelaksanaan ekspedisi ini terjadi pada tahun 1804-1806, yang tau sendiri lhah jaman segitu jamannya kuda masih jadi tunggangan prestise, bahkan mereka juga 'meninggalkan jejak' pembuatan garam di kota Seaside juga, disebut 'Salt Work', karena pada jaman tersebut kita tidak dengan mudahnya seperti sekarang membeli garam di warung atau di toko untuk perbekalan.

Bundaran, sebelah kanan yang ada bendera Amerika adalah letak patung Lewis dan Clark
 Ekspedisi ini dikenal dengan nama 'The Lewis and Clark Expedition', adalah ekspedisi darat pertama oleh pemerintah Amerika Serikat menuju ke Pantai Pasifik dan sebaliknya. Tim ekspedisi di komandani oleh Angkatan Darat Amerika Serikat, Kapten Meriwether Lewis dan partner-nya adalah Letnan Dua William Clark.
Salah satu penemuan penting dari ekspedisi ini adalah adanya persepsi yang lebih baik dari geografi daerah Northwest Amerika Serikat, dan pembuatan peta yang akurat untuk pertama kalinya untuk daerah Northwest. Selama ekspedisi ini berlangsung, Lewis dan Clark membuat tak kurang dari 140 peta. Hal baru yang akhirnya diketahui dari ekspedisi ini adalah mereka percaya bahwa pegunungan Rocky (Rocky Mountains) bisa dilintasi hanya dalam satu hari, dan bahwa pegunungan Rocky ini memisahkan sumber air dari Sungai Missouri dari sungai sungai besar di sebelah Barat yang pada akhirnya bermuara di Samudera Pasifik. (antara lain Sungai Columbia yang sebagian mengalir dan menjadi perbatasan antara Oregon State dan Washington State). Akan tetapi pada kenyataan-nya pada saat ekspedisi tersebut dijalani, mereka memerlukan waktu 11 hari, jalan yang penuh bahaya, dan lalu lintas sungai yang semula mereka pikir adalah jalan yang mudah untuk masa depan perdagangan ternyata tidak semudah yang mereka kira. (..'water route cross the continent did not exist..)
 


my daughter, Grace infront of the Statue of
Lewis & Clark
 Hal lain yang sangat diperhatikan oleh sejarahwan Amerika, ialah pada saat ekspedisi ini, Lewis dan Clark dibantu oleh ibu muda dari suku Indian Shoshone bernama Sacagawea yang bertindak sebagai penterjemah. Saking terkenal-nya ibu Sacagawea ini sampai gambarnya dipakai sebagai salah satu sisi uang coin di Amerika Serikat.
Jejak perjalanan Lewis & Clark, atau terkenal dengan sebutan Lewis & Clark' Trail bisa ditemukan membentang dari Illinois sampai Pacific Northwest antara lain di negara-negara bagian Kentucky (Meriwether Lewis and William Clark met in Louisville, Kentucky,thus forming one of the most famous and successful partnerships in history...), Indiana, Illinois, Missouri, Kansas, Iowa, Nebraska, South Dakota, North Dakota, Montana, Idaho, Oregon dan Washington.
Sekiranya ada pembaca Indonesia yang tinggal di daerah Northwest atau bagian lain dari Amerika yang lebih mengetahui sejarah Lewis dan Clark ini, please feel free to make comment..!

No comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this site, please feel free to make any comment,but The Admin has authority to delete unapropriate comments. Thank You.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...