Friday, July 30, 2010

O, Canada

<>
Huntingdon,US Canadian Border
Welcome Sign British Columbia











 
 
 
 
Custom and Immigration Sign
Bulan September, 2009 kemaren, aku and my family berkesempatan mengunjungi Propinsi British Columbia, Canada. Seperti di Indonesia, Canada menganut sistem Propinsi. British Columbia atau lebih terkenal dengan singkatan B.C adalah propinsi yang terletak paling barat dari wilayah Canada, berbatasan dengan Lautan Pasific di sebelah Barat, dengan State of Alaska (Amerika Serikat) di sebelah Barat Laut, di sebelah Utara berbatasan dengan Yukon dan Northwest territories, sebelah timur berbatasan dengan propinsi Alberta, dan sebelah Selatan dengan Washington State, Idaho State dan sebagian kecil Montana State (AS). Jumlah Propinsi di Canada ada sepuluh dan tiga teritori, beda propinsi dan teritori adalah jika propinsi menginduk langsung dengan Constitution of Act 1867, sedangkan Teritori menginduk pada Pemerintah Federal (ngga akan membahas soal ini dech, soalnya juga ga begitu mudeng!!)
Ibukota British Columbia adalah Victoria yang terletak di ujung paling selatan dari pulau Vancouver bisa dibilang berseberangan dengan Seattle, Washington, AS, sedangkan kota terbesar di wilayah B.C adalah Vancouver yang sama sekali ngga ada hubungan dengan pulau Vancouver (bingung khan?!...), kota Metropolitan Vancouver terletak di Barat Daya dari mainland Canada.
Waktu kita kesana sama sekali tidak mengunjungi kota kota besar itu, tapi kita pergi ke Harrison Hot Spring, sekitar 2 jam driving dari Vancouver city kearah Timur dan 3 jam driving dari arah Seattle (Selatan), jelas dari namanya memang banyak sumber mata air panas di daerah tersebut, bisa dibilang sangat terkenal, banyak hotel, dan Spa, tempat tetirah paling dekat dengan Vancouver, jadi banyak orang orang dari Vancouver datang ketempat ini. Kalo dari Tacoma, tempat aku dan keluargaku tinggal, driving selama 3,5 jam, 3 jam sampai di Canadian Border dimana kita harus menunjukkan paspor, kalo aku yang bukan warga negara Amerika Serikat, ya harus menunjukkan Permanent Resident Card atau lebih ngetop dengan nama 'Green Card',...sebelumnya selama bertahun tahun warga negara Amerika Serikat yang bepergian ke wilayah Canada cuma harus menunjukkan Driver License, tapi sekarang menunjukkan paspor adalah peraturan mutlak. Seperti umumnya petugas Custom dan Immigration yang kita lihat di Bandara, tampang petugas di US-Canadian Border ini juga super serius blas ga ada senyum-nya, setelah ditanyai tujuan kita ke Canada apa? dan berapa lama kita tinggal? ya cuma begitu aja trus paspor suami dan anakku di slide barcode-nya juga kartu green card-ku setelah itu meluncurlah kita ke wilayah Canada. Setelah melewati border, tanda tanda lalu-lintas di Canada juga memakai hitungan Kilometer bukan 'Mile' seperti di AS, juga untuk perhitungan cuaca mereka memakai derajad Celcius bukan Fahrenheit. Karena letak Harrison Hot Spring ini agak ke selatan berbatasan dengan Washington State, Idaho dan Montana, AS, maka banyak juga orang orang dari tempat ini mengunjungi Harrison Hot Spring. Harrison sendiri sebenarnya hanyalah komuniti kecil tapi memiliki danau yang panjang yang namanya danau Harrison, saking panjangnya danau ini juga punya pantai pasir, jadi seperti di tepi laut. Sumber air panas dimanfaatkan oleh hotel hotel kecil maupun besar, dialirkan dengan pipa pipa, sehingga semua kolam renang dan tempat berendam ber air hangat/panas, yang seperti diketahui bisa untuk terapi tubuh dan relaksasi.

Harrison Hot Spring Resort and Spa
Danau Harrison
Big Twin Bed Wing Garden Room

Children Pool
Hotel dimana kita tinggal selama disana bernama 'Harrison Hot Spring Resort and Spa', yang memiliki lima kolam sumber air panas, juga 'Healing Spring Spa', kita berada disana selama 4 hari 3 malam. Sedikit surprise dengan banyaknya tamu yang menginap, benar benar full tapi tidak berkesan crowded karena disamping kebanyakan tamu hotel mencari relaksasi dengan berendam atau berenang di air hangat juga ada kegiatan lain disekitar hotel, misal boating, hiking, kayaking. Di sekitar area hotel juga banyak toko toko cinderamata yang menerima pembayaran dalam US dollar, disamping Canadian dollar, jadi mudah saja bagi para pengunjung dari Amerika, mereka bahkan tidak perlu menukar mata uang. Rate hotel saat itu untuk kita bertiga (aku, suami dan our daughter) CA $260.67 per malam sudah termasuk breakfast dan satu kali dinner party.
Seperti umumnya tempat tetirah banyak pula restoran, baik fine dinning maupun fast food dan pizza parlor bertebaran di sekitar hotel, jadi kalo kita ingin makan siang atau makan malam di luar hotel gampang saja!. It was a very nice holiday, tidak begitu jauh dari rumah tapi fun & relax...Oh ya, bagi yang belum tau, lagu kebangsaan negara Canada adalah 'O, Canada'...aku juga baru tau setelah tinggal di Amerika, makanya aku jadiin judul dari tulisan ini.

No comments:

Post a Comment

Thank you for visiting this site, please feel free to make any comment,but The Admin has authority to delete unapropriate comments. Thank You.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...